Selasa, 03 Januari 2017

Makanan Yang Baik Untuk Meningkatkan Kualitas Pendengaran

Artikel  mengenai makanan untuk kesehatan mata, jantung, lambung dan sebagainya mungkin sudah biasa. Kali ini kami akan membahas Makanan Yang Baik Untuk Meningkatkan Kualitas Pendengaran

makanan yang baik untuk meningkatkan kualitas pendengaran

Makanan Yang Baik Untuk Meningkatkan Kualitas Pendengaran | Pendengaran adalah sebagai indera yang menangkap segala bentuk gelombang suara menjadi organ yang paling penting. Tanpa pendengaran yang baik, tentu kita tidak bisa berkomunikasi dengan orang lain. Sistem pendengaran bisa mengalami penurunan kinerja apabila tidak dijaga dengan baik. Dan pendengaran bisa mengalami masalah akibat faktor dari luar maupun internal. 

Pendengaran dapat ditingkatkan tidak hanya dengan mengurangi kebisingan, memilki implan, memiliki alat bantu dengar, atau dengan perubahan gaya hidup terutama dalam jenis makanan yang anda makan.
Penelitian telah menunjukan bahwa mereka yang menderita berbagai tingkat pendengaran juga menderita kekurangan gizi juga. Meningkatkan pendengaran dengan memasukkan makanan pendukung pendengaran dalam diet harian anda dapat memperlancar pendengaran dan menambah kesehatan indera pendengaran.

Berikut makanan yang baik untuk indera pendengaran

  • Kalium

Kalium adalah mineral yang membantu menjaga kadar cairan dalam darah sehingga dapat meningkatkan kemampuan pendengaran mengingat cairan dalam telinga bagian dalam Anda juga kaya kalium. Sumber baik untuk kalium adalah kentang, bayam, tomat, kismis, aprikot, pisang, melon, jeruk, yogurt dan susu rendah lemak. 
  • Folat

Asam folat diperlukan tubuh untuk menghasilkan sel-sel baru serta meningkatkan sirkulasi darah Anda. Sirkulasi yang baik memastikan bagian dalam telinga Anda sehat. Sumber asam folat bisa ditemukan di sereal, hati, bayam, brokoli, asparagus, kacang hijau, alpukat, selada, kacang, jus tomat, telur, stroberi, pepaya, pisang, dan melon. 
  • Magnesium 

Magnesium bisa melindungi telinga Anda dari radikal bebas yang disebabkan oleh paparan suara keras, sehingga membantu untuk mencegah gangguan pendengaran. Penelitian telah menunjukkan bahwa rendahnya tingkat magnesium menyebabkan pembuluh darah di telinga menyusut, merampas oksigen dan membuat telinga mudah tuli. Sumber baik untuk magnesium adalah pisang, kentang, bayam dan brokoli.
  • Seng 

Seng atau Zinc merupakan mineral yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, sehingga membantu mencegah infeksi telinga. Sumber makanan zinc adalah kacang mete, kacang almond, kacang tanah, kacang polong, lentil, cokelat hitam, tiram, daging sapi dan ayam.
  • Mineral makro (mangan) 

Mineral ini bisa meningkatkan pendengaran Anda dengan memastikan bahwa otak dan saraf berfungsi dengan baik. Sumber mangan biasanya dari apel, aprikot, alpukat, kacang-kacangan, nanas, kismis, seledri, dan kuning telur.
  • Vitamin D 

Seperti Anda mungkin tahu, Vitamin D diperlukan untuk penyerapan kalsium untuk tulang Anda. Hal ini mempengaruhi telinga Anda juga. Kurang vitamin D itu menyebabkan osteopenia, suatu kondisi dimana tulang-tulang di telinga mengeras dan menjadi berpori, hal ini menyebabkan hilangnya pendengaran. Sumber vitamin terbaik ada pada sinar matahari, minyak ikan cod, minyak ikan, salmon, makarel, ikan tuna, hati, dan kuning telur.
  • Vitamin B12 

Vitamin ini meningkatkan pendengaran dengan mengendalikan produksi sel darah merah, menurunkan produksi homosistein, yang menyebabkan gangguan pendengaran, dan mencegah timbulnya tinnitus. Sumber baik dari vitamin B12 adalah susu, telur, daging sapi tanpa lemak dan kerang.
  • Omega-3 

Asam lemak ini mencegah hilangnya pendengaran karena mempengaruhi otak berkomunikasi dengan telinga. kandungan omega 3 ini juga mencegah peradangan dan memastikan bahwa pesan-pesan antara otak dan telinga dikirim secara efektif. Sumber baik dari omega 3 adalah ikan, udang, kenari, biji rami, daging sapi, kedelai, tahu dan kembang kol. 

Makanan Yang Baik Untuk Meningkatkan Kualitas Pendengaran

1 komentar:

  1. terima kasih atas artikel ini. Sangat bermanfaat bagi saya yg baru mulai mengalami kurang pendengaran.

    BalasHapus